Selasa, 20 Januari 2015

Tips membuat taman sederhana di rumah sendiri

1. Posisikan diri sebagai desainer

Jika membicarakan taman sederhana sebaiknya dimulai dari diri sendiri yang memperhitungkan. Cobalah untuk mengukur setiap sudut yang akan digunakan sebagai taman sederhana tersebut. Bayangkan dengan membuat gambaran kasar atau sketsa bentuk jadi dari taman yang diharapkan sehingga jika terdapat kekurangan atau over building, akan bisa dikonsultasikan atau direncanakan dengan anggota keluarga yang lain. 

2. Rancang sistem pengairan yang baik

Pengairan adalah syarat mutlak dari sebuah tumbuhan, dan itu yang harus diperhatikan untuk merancang taman yang indah. Irigasi – istilah untuk pengairan dalam sebuah taman – perlu direncanakan sematang mungkin. Jangan mengabaikan poin ini.


3. Pilih konsep taman yang akan dibuat

Setelah membangun sistem pengairan yang baik maka tentukan konsep apa taman tersebut akan dibuat, apakah hanya sekedar hiasan atau mungkin bisa juga tanaman obat-obatan atau sayuran ringan untuk keperluan memasak di rumah? Pilih tanaman yang sesuai dengan konsep tersebut, menggabungkan semua konsep yang ada tidak dianjurkan karena akan terdapat pemandangan yang kurang sedap dipandang.

4. Rawat dengan baik

Dan setelah semuanya terpenuhi perawatanlah yang paling utama. Poin ini sangat penting karena jika sudah sangat sempurna taman yang dibuat diharapkan bisa berlangsung lama dan itu butuh perawatan yang baik dari sang pemilik rumah.

5. Membuat ruangan khusus di taman

Ini adalah optional atau tambahan jika terdapat  ruang yang dikira masih cukup luas untuk membuat sebuah gazebo atau paviliun kecil yang bisa digunakan khusus untuk penerima tamu dalam ajang diskusi atau sekedar menikmati indahnya taman tersebut maka sebaiknya itu bisa dipertimbangkan pembuatannya. 

7. Out of box

Selalu berfikir kreatif, ini adalah kemampuan yang harus dimiliki dalam mendekorasi. Untuk taman, jika memang lahan yang sempit adalah sangat terbatas untuk tanaman yang memerlukan tempat luas, tumbuhan jalar dengan membuat rambatan ke atas bisa diaplikasikan. Sangat menarik jika tumbuhan ini tumbuh subur dan menghiasi taman itu sendiri.

Demikianlah beberapa tips untuk membuat taman sederhana di depan, di belakang dan di dalam rumah sendiri. Dari mempersiapkan sampai perawatan sebaiknya direncanakan dengan cermat. Hasil yang sempurna berawal dari perencanaan yang detail. Semoga bermanfaat.




source: http://designinteriorrumahminimaliss.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-taman-sederhana-di-depan-belakang-dan-dalam-rumah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar